Audio Bumper

Monday, February 6, 2017

Bubuk Abate untuk kolam besar

Slawi - Kolam mandi yang besar bagus jika diberi abate karena sulit/ jarang dikuras, tapi untuk kolam kecil yang mudah/ sering dikuras, abate akan terbuang percuma, apalagi jika dindingnya disikat saat menguras.

 


 


Demikian dikatakan dr. Meliansyori , Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal saat menjelaskan pemakaian bubuk Abate (6/2). Meli menambahkan "Abate akan mudah menempel di dinding bak mandi dan bertahan disitu 2-3 bulan dalam bentuk yang kecil, larut dan tidak terlihat mata"

Bak mandi yang besar atau yang sulit air pasti akan jarang dikuras, kolam kecil yang sering / mudah dikuras sebaiknya dikuras saja minimal seminggu sekali sehingga jentik tidak sempat berubah menjadi nyamuk.

Pemberian abate sesuai dosis aman untuk air mandi bahkan aman jika air mandi sampai tertelan. Dosis abate adalah 1gram untuk 10 liter air. "Diberikan di kolam besar, selama 2-3 bulan, lalu bisa diulang pemberiannya, itu jika benar-benar kolam tersebut terpaksa sulit/ jarang dikuras" imbuhnya.

Meli menegaskan bahwa Pemberantasan Sarang Nyamuk memang diusahakan dengan menguras bak mandi jika bisa dan sumber air memadahi, sehingga tidak hanya bebas jentik saja namun air bersih untuk mandi juga selalu berganti. Sama halnya dengan memelihara ikan pemakan jentik untuk kolam besar, itu bagus namun kadang meninggalkan kotoran yang beresiko menganggu kesehatan kulit juga.

No comments:

Post a Comment